Kamus Online

Cara pembuatan teh Kombucha

Pertama-tama adalah masalah persiapan. Apa sih yang harus dipersiapkan? Nggak ada yang perlu dipersiapkan, Aku biasanya pakai toples kaca bekas kopi nescafe, kalau nggak ada bisa pakai bekas coffe mate, nutrisari atau apa sajalah yang penting toples kaca.

Buat larutan teh dalam toples ini, Aku biasanya pakai air panas yang dari dispenser. (Hati-hati dengan air PAM lho ya... karena biasanya kalau airnya mengandung banyak kaporit maka bibit teh akan mati dan teh Kombucha tidak bisa didapat). Kemudian beri gula pasir sebanyak 3-4 sendok teh full. Untuk tehnya karena Aku pakai teh hijau, Aku kasih 2 bag agar aroma dan warna tehnya terasa. Untuk teh hitam cukup satu bag. Kalau tidak ada tea bag gimana? ya pakai teh bubuk aja, prosesnya persis seperti kalau kita menyuguhkan teh manis untuk tamu.Setelah itu biarkan saja dulu sampai suhu teh manis ini menjadi dingin dan sama dengan suhu ruang.

Setelah teh menjadi dingin, tambahkan kira-kira sepersepuluh bagian teh Kombucha yang sudah jadi (sisa hasil konsumsi sebelumnya). Biasanya cairan teh Kombucha yang masih tersisa tersebut akan meninggalkan banyak kotoran seperti jelly, lebih baik di saring dahulu sehingga kita mendapatkan cairan yang bersih.
Setelah selesai kemudian masukkan bibit jamurnya. Seperti cairan teh Kombucha sisa maka bibit jamur ini pun masih melekat bibit jamur yang sudah mati. Cuci jamurnya dengan air putih matang dan lapisan yang terbawah bisa dibuang sehingga kita akan mendapatkan bibit jamur yang putih dan bersih. Waktu dicelupkan maka bibit ini ada yang tenggelan dan ada pula yang mengambang, hal ini tidak apa-apa dan merupakan hal yang wajar. Coba saja perhatikan pada hari ke 2 dan ke 3, pasti bibit kombucha-nya akan tertarik keatas.
Setelah itu tutup dengan kertas tissue mulut toplesnya dan diikat dengan karet, hal ini sangat berguna untuk melindungi teh yang kita buat dari serang serangga atau kotoran. Jangan salah lho, pernah toples ku yang berisi teh Kombucha ini kemasukan seekor cecak!. Nggak nyangka, ternyata cecak juga suka teh Kombucha juga ya!.
Kemudian langkah selanjutnya atau langkah terakhir adalah menyimpan teh Kombucha tersebut didalam lemari yang ada sirkulasi udara bersih dan tidak terkena cahaya. Berhubung ini adalah proses fermentasi, jadi cahaya sangat tidak dibutuhkan. Tunggu deh sampai 8-14 hari. Selamat menikmati!.
Cara pembuatan teh Kombucha Cara pembuatan teh Kombucha Reviewed by BUMI ANOA on 4:46 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.