TENTANG PENDIDIKAN
Silahkan klik tautan-tautan di bawah ini, sesuai pilihan Anda!
A.PSIKOLOGI PENDIDIKAN
1. Konsep Psikologi Pendidikan
Behaviorisme
Psikoanalisis
Psikologi Humanistik
Hakikat Belajar
Teori-Teori Belajar
Pembelajaran Kontekstual
Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning)
Teori Belajar Konstruktivisme
Teori-Teori Motivasi
Hakikat Cinta
Self-Diri
Harga Diri
Tentang Hipnosis
Tentang IQ, EQ, dan SQ
Konstribusi Psikologi Terhadap Pendidikan
Kriteria Perilaku Abnormal
Memahami Emosi Individu
Memahami Perilaku Individu
Pengaruh Faktor Keturunan terhadap Individu
Pengaruh Lingkungan terhadap Individu
Hubungan Orang Tua-Anak
Taksonomi Perilaku Individu
Perilaku Sosial
2. Perkembangan Peseta Didik
Tugas-Tugas Perkembangan Individu
Perkembangan Individu Secara Didaktis
Perkembangan Individu
Perkembangan Karier
Perkembangan Keagamaan
Perkembangan Kepribadian
Perkembangan Kognitif
Perkembangan Konatif
Perkembangan Moral
Problema Remaja
Kemampuan Individu
Kepribadian Individu
Pola Kepribadian Individu – Elizabeth B. Hurlock
Tipe-Tipe Kepribadian Individu
Karakteristik Perilaku dan Pribadi Remaja
Kecerdasan Individu Delinkuen
Ciri-Ciri Kedewasaan
Ciri-Ciri Manusia Merdeka
Ciri-Ciri Manusia Inovatif
Tips Menuju Pribadi Sukses
Kepribadian Sukses ala New Psycho Cybernetics
Kesulitan dan Bimbingan Belajar Siswa
Upaya Mencegah Kecemasan Siswa di Sekolah
3. Aplikasi Psikologi dalam Pendidikan
Aplikasi Teori Kebutuhan Maslow di Sekolah
Disiplin Kerja
Disiplin Siswa
Kreativitas di Sekolah
Mithos tentang Kreativitas
Mencairkan Konflik
Sekolah Berbahaya
Rasa Cinta dalam Pendidikan
Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran
Pskologi Pendidikan dan Guru
Mengelola Stress
Perilaku Nyontek
Menghilangkan Rasa Cemas
Pengembangan Aktivitas, Kretivitas dan Motivasi Siswa
Umpan Balik yang Efektif bagi Siswa
Tujuh Prinsip Praktik Pembelajaran yang Baik
B. BIMBINGAN DAN KONSELING
1. Konsep Bimbingan dan Konseling
Konsep Bimbingan dan Konseling
Landasan Bimbingan dan Konseling
Rekonseptualisasi Bimbingan dan Konseling
Tujuan Bimbingan dan Konseling
Fungsi, Prinsip dan Asas Bimbingan dan Konseling
Bidang Bimbingan dan Konseling
Jenis Layanan Bimbingan dan Konseling
Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Bimbingan Karier
Informasi Karier
Standar Kompetensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar
Standar Kompetensi Bimbingan dan Konseling di SMP
Standar Kompetensi Bimbingan dan Konseling di SMA
Standar Kompetensi Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi
2. Proses Bimbingan dan Konseling
Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Prosedur Umum Layanan Bimbingan dan Konseling
Proses Layanan Konseling Individual
Pendekatan dan Teknik Konseling
Teknik Umum Konseling
Teknik Umum Konseling II
Teknik Khusus Konseling
Konseling Behavioral
Konseling FaceBook di Sekolah
Konseling Gestalt
Konseling Humanistik
Konseling Pecandu Narkoba
Konseling Psikoanalisis
Konseling Rational Emotif Terapi (RET)
Terapi Kognitif Behavioral
Terapi Realitas
Alat Ungkap Masalah
Konferensi Kasus dalam Bimbingan dan Konseling
Studi Kasus dalam Bimbingan dan Konseling
Pengembangan Diri dalam Bimbingan dan Konseling
Pembelajaran Kompetensi Konseling Karier Mikro
3. Manajemen Bimbingan dan Konseling
Peran Kepala Sekolah dalam Bimbingan dan Konseling
Peran Kepala Sekolah, Guru dan Wali Kelas dalam BK
Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Strategi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Pelayanan Bimbingan dan Konseling pada SSN
Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif
Evalusi Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Pergeseran Pola Manajemen dan Proses Bimbingan dan Konseling
Tugas Guru BK-Konselor dan Pengawas BK
Kilas Balik Profesi Konselor
Kompetensi Guru BK
Perilaku Konselor yang Efektif
Bimbingan dan Konseling dalam Manajemen Mutu Pendidikan
Tips Advokasi Bimbingan dan Konseling
Keunikan dan Keterkaitan Pelayanan Guru dan Konselor
Layanan BK Sarat Nilai
Kekeliruan Pemahaman tentang Bimbingan dan Konseling
Penanganan Siswa Bermasalah di Sekolah
Perjalanan Jauh Bimbingan dan Konseling sebagai Profesi
Penulis dan Konseling
Guru BK Tak Perlu Beri Solusi
Standar Ruangan Bimbingan dan Konseling
Menyoal tentang Ruang BK
Seminar BK di UNIKU
Menyoal Situs ABKIN
Rubrik Sertifikasi Guru BK
Instrumen Pengamatan Keterampilan Proses Konseling
Instrumen Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling
C. FILSAFAT DAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
1. Filsafat
Pengertian Filsafat
Mengapa Manusia Berfilsafat
Filsafat Ilmu
Hubungan Antara Filsafat dengan Ilmu
Perkembangan Filsafat Ilmu
Hakikat Ilmu
Hakikat Teori
Penalaran
Teori Nilai
Aliran Filsafat Pendidikan
Manusia dan Masalahnya
Filsafat Naturalisme
Filsafat Pendidikan Islam
Idealisme dalam Filsafat Pendidikan
Islamisasi Sains
Pendekatan-Pendekatan dalam Teori Pendidikan
2. Penelitian
Penelitian Pendidikan
Penelitian Tindakan Kelas (I)
Metode Penelitian Pendidikan
Penilitian Tindakan Kelas II
Karya Tulis Ilmiah (KTI) Guru
Persyaratan dan Kriteria Karyatulis Ilmiah Guru
Teknik Penulisan Skripsi
Pengumpulan Data dalam Penelitian Pendidikan
Karakteristik Karya Tulis Ilmiah
Metode Penelitian Pendidikan
3. Internet dan Komputer
Blog Paling Populer
Menjadi Peringkat Pertama
Caci Maki di Blog Nurdin M.Top
Daftar Situs PTN
Tentang Mesin Pencari
Tarif Baru Telkomsel
My Statement
Satu Tahun Menjadi Blogger
Printer Laser Dapat Membahayakan Tubuh
Perubahan Blog
Merubah Tampilan Blog
4. Sosial dan Budaya
Institusi Lokal dan Modal Sosial dalam Kehidupan Bermasyarakat
Menuju Masyarakat Belajar
Pendekatan Sosial dalam Kegiatan KKN
Peran Aktif Organisasi Profesi
Sejarah Pelacuran di Indonesia
Sejarah Pelacuran Dunia
Pornografi dan Pornoaksi
Mengkritisi Tayangan Infotainment
Antasari Dicegah ke Luar Negeri
Benda dan Manusia Busuk
Berita Mengenaskan Para TKW
Quick Count Pilpres 2009
Mobil Dinas Obama
Partai Golput
Pembelajaran Diri dalam PEMILU 2009
Berita Miring Debat Capres
Bom Ritz Carlton-Marriott Terkait dengan Hasil Pilpres 2009
Ulama Doakan Pelaku Teroris Dilaknat Allah
Pernyataan Para Muallaf tentang Islam
Muslim yang Pernah Menjelajah Luar Angkasa
Tradisi Mudik
Bugiakso: Penggagas Blog Competition 2009
Dua Lirik Lagu yang Menyentuh Hati
Fenomen 2012
Kerusuhan di mana-mana
Harapan Anda terhadap Mendiknas
Jaman Pra Listrik dan Pasca Listrik
Korupsi di Dunia Pendidikan
Potensi Penyimpangan Dnan Pendidikan
Korupsi Ibarat Kanker Ganas
KPK, Tamatkah Riwayatnya?
Soeharto Meninggal !
Kriteria Mendiknas yang Diharapkan
Rekomendasi Tim 8 Kepada SBY
Mewaspadai Berbagai Penyakit Guru
Gempa Bumi
5. Pengembangan Pengetahuan Pengetahuan
Pengetahuan Manusia
Membaca untuk Pengembangan Pengetahuan
Teknik Membaca SQ3R
Dicari Buku-Buku Model Pembelajaran Inovatif
Berfikirlah Terus Jika Ingin Tetap Menjadi Manusia
Esensi, Proses dan Wilayah Administrasi Pendidikan
Qalam: Majalah Psikologi Islam
Majalah Bina Akademika
Makna Baru Perubahan Pendidikan
Wokshop di SMA N 1 Kadugede
Workshop di SMA N 1 Garawangi
Pengembangan Kinerja Inovatif Guru BK
Workshop Dinamika Kelompok
Dipanggil Depdiknas
Menggagas Lesson Study di SMP N 1 Kadugede
6. Kebijakan dan Umum
70 PTN-PTS Mundur dari Ujian Nasional
Bahan Ajar Berbasis TIK
DAK Pendidikan
Gaji Ketigas Belas Tahun 2010
Hasil Sertifikasi Guru Tahun 2009
Kontoversi Ujian Nasional
Komposisi Kabinet Indonesia Bersatu II
Visi Capres dan Cawapres tentang Pendidikan
Program Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah
Pro-Kontra Ujian Nasional
Program 100 Hari Depdiknas
Mutu Pendidikan Rendah, Salah Siapa?
Setelah Empat Tahun Pemberlakuan KTSP
D. KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
1. Kurikulum
Pengertian Kurikulum
Landasan Kurikulum
Teori Pendidikan dan Kurikulum
Kurikulum Berdasarkan Filsafat Behaviorisme
Komponen-Komponen Kurikulum
Prinsip Pengembangan Kurikulum
Model Pengembangan Kurikulum
Perkembangan Mata Pelajaran di Indonesia
Perubahan Kurikulum
MPMBS dan KTSP
Panduan Penyelenggaraan SKS
Pengembangan Diri dalam KTSP
Pengelolaan Kurikulum Sekolah Standar Nasional
2. Konsep Pembelajaran
Hakikat Pendidikan
Definisi Pendidikan Menurut UU No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS
Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal
Pendidikan dari Jaman ke Jaman
Pendidikan Holistik
Pendidikan Karakter
Pendidikan Kritis
Pendidikan Sepanjang Hayat
Pendidikan Sepanjang Hayat (II)
Pendidikan Umum
Pendidikan yang Memerdekakan
Peran Pendidikan Menuju Bangsa Yang Bermartabat
Wacana Pendidikan Multikultural
Konsep PAKEM
Konsep Pendidikan Karakter
Quantum Learning
10 Megatrend Belajar
Empat Pilar Belajar
Homeschooling
Teori Belajar Konstruktivisme
Komparasi Pembelajaran Behaviorisme dengan Konstruktivisme
Pergeseran Paradigma Pendidikan
5 Unsur Penting falam Lingkungan Pembelajaran Konstruktivisme
Prinsip Pendidikan Orang Dewasa
Pembelajaran yang Efektif
Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah
3. Proses Pembelajaran
Persiapan Mengajar
Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Silabus dan RPP Bernuansa Karakter
Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran
Strategi Pembelajaran
Prosedur Pembelajaran
Standar Pelaksanaan Proses Pembelajaran
Standar Perencanaan Proses Pembelajaran
Konsep engembangan Bahan Ajar
Pengembangan Bahan Ajar
Pembelajaran Kontekstual
Pembelajaran Pengayaan (Enrichment)
Pembelajaran Remedial (Remedial Teaching)
Pembelajaran Tematik
Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning)
Jurnal Pembelajaran
Beban Belajar dan Pemberian Tugas kepada Siswa
Model Pembelajaran Afektif
Model Pembelajaran Group Investigation
Model Pembelajaran Inovatif
Model Pembelajaran Kreatif
Model Pembelajaran pada SSN
Cooperative Learning Teknik Jigsaw
Sumber Belajar untuk Mengefektifkan Pembelajaran
Teknologi Pembelajaran
Sumber-Sumber yang Mempengaruhi Teknologi
Media Pembelajaran
Media Pembelajaran Berbasis Komputer
SlideShare Untuk Pembelajaran
Teknik Pengelolaan Kelas
Penataan Tempat Duduk Siswa
Team Teaching
Game dalam Pembelajaran I
Game dalam Pembelajaran II
Game dalam Pembelajaran II
Game dalam Pembelajaran III
Icebreak Multimedia
Kegiatan Ekstra Kelas
Tips Memotivasi Siswa untuk Belajar
Upaya Mengaktifkan Siswa dalam Pembelajaran
Tujuh Prinsip Praktik Pembelajaran yang Baik
Tips Sukses Mengajar ala Gisele Glosser
4. Penilaian Pembelajaran
Penilaian Pembelajaran Siswa
Penilaian Hasil Belajar Siswa
Penilaiann dan Pengawasan Proses Pembelajaran
Penilain Psikomorik
Penilaian Afektif
Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran
Kriteria Ketuntasan Minimal
Indikator Keberhasilan Program-Pendidikan Karakter
Indikator Pencapaian Kompetensi
Pengembangan Indikator
Umpan Balik yang Efektif
Sistem Penilaian pada Sekolah Standar Nasional
E. PENGEMBANGAN PROFESI PENDIDIK
Peran Guru dalam Proses Pendidikan
Peran Guru sebagai Fasilitator
Peran Guru sebagai Motivator
Tugas Guru Mata Pelajaran
Profesionalisme Guru
Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas Sekolah
Proposisi Inti Kompetensi Guru
Pemberdayaan Guru
Sekilas tentang Program Induksi bagi Guru Pemula
Program Induksi untuk Mencegah Malpraktek
Bentuk Budaya Guru
Lima Cara Guru Belajar
Ciri-Ciri Guru Konstruktivis
Antara Dukun dengan Guru
Tips Menjadi Pendidik yang Dihormati
Tentang Lesson Study
Pelatihan Dalam Rangka Pengembangan Profesi
Revitalisasi MGMP
Standandar Penyelenggaraan KKG-MGMP
Evaluasi Kinerja Guru oleh Siswa
Guru dan KTSP
Guru dan Siswa yang Terintimidasi
Guru Menjadi Pekerja Profesional?
Mensarjanakan Guru
Kompetensi Guru dan Peran Kepala Sekolah
Kompetensi Guru pada Sekolah Standar Nasional
Klasifikasi Guru dan Tingkatan Praktik Pembelajarannya
Kode Etik Guru Indonesia
Sertifikasi 2010
Pedoman Penyusunan Portofolio Sertifikasi Guru
Penetapan Sertifikasi Guru
Sertifikasi Guru BK-Konselor
Sertifikasi Guru dan Pengawas Sekolah
Sertifikasi Guru Tahun 2009
Masalah Sertifikasi Guru
Masalah Sertifikasi Guru (II)
Penyelenggaraan Sertifikasi Guru
Tunjangan Profesi Guru
Petunjuk Teknis Pembayaran Tunjangan Profesi Guru
Pencairan Tunjangan Profesi
F. MANAJEMEN PENDIDIKAN
1. Konsep, Substansi , dan Proses Manajemen Pendidikan
Konsep Manajemen Sekolah
Manajemen Keuangan
Manajemen Kinerja Guru
Manajemen Kurikulum
Manajemen Peran Serta Masyarakat
Peran Komite Sekolah
Manajemen Perubahan
Manajemen Peserta Didik
Kehadiran dan Ketiidakhadiran Siswa
MOS yang Humanis
MOS yang Menyebalkan
Konsep Dasar Sekolah Kategori Mandiri- SSN
Analisis Situasi Sekolah
Visi Sekolah
Teori-Teori Organisasi
Tentang Kerjasama
14 Cara Menumbuhkan Kerjasama di Sekolah
Mengembangkan Kemitraan
Mengembangkan Komunikasi yang Efektif
Team Work di Sekolah
Standar Nasional Pendidikan
Biaya Pendidikan
Budaya Organisasi di Sekolah
Pengembangan Budaya Sekolah
Iklim Sekolah
Sekolah sebagai Agen Pengembangan Karakter
Sekolah Sehat dan Sekolah Sakit
Cara Meningkatkan Inovasi
Langkah-langkah Memelihara Inovasi di Sekolah
Ciri-Ciri Sekolah Bermutu
Difusi Inovasi
Image Perubahan Pendidikan
Kantin Sekolah
Seragam Sekolah
11 Karakteristik Manajemen Sekolah
Konsep Pengambilan Keputusan
Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Pendidikan
Keputusan Partisipatif
Rencana Pengembangan Sekolah
Strategi Pengembangan Sekolah Unggul
2. Kepemimpinan Pendidikan
Kualifikasi Kepala Sekolah
Kompetensi Kepala Sekolah
Kemampuan Manejerial Kepala Sekolah
Kepemimpinan Kepala Sekolah
Kepemimpinan Pendidikan
Kepemimpinan Perempuan
Kepemimpinan Transformasional
70% Kepala Sekolah Tidak Kompeten
Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Sekolah
Profil Manajer dan Pemimpinan yang Dibutuhkan Saat ini
Konsep Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
Kewirausahaan Kepala Sekolah
Menjadi Kepala Sekolah yang Efektif
3. Pengawasan Pendidikan
Standar Mutu Pengawas Sekolah
Hakikat Pengawasan Sekolah
Tugas Pokok Pengawas Sekolah
Penugasan Pengawas Sekolah
Kualifikasi Pengawas Sekolah
Kompetensi Pengawas Sekolah
Pengembangan Karier Pengawas Sekolah
Perencanaan Pelaksanaan dan Pelaporan Pengawasan
Supervisi Klinis untuk Mengefektifkan Pembelajaran
Supervisi Manajerial
Penilaian Kinerja Guru
Penilaian Portofolio Guru
Membangun Pengawasan Pendidikan Berorientasi Mutu
Tugas Guru BK-Konselor dan Pengawas BK
Program Pengawasan Sekolah
Akreditasi Sekolah
Kebijakan Akreditasi Sekolah
Visitasi dalam Akreditasi Sekolah
Catatan Kecil tentang Sertifikasi Pengawas Sekolah
Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
Portofolio Sertifikasi Pengawas Sekolah
Peran Pengawas Sekolah Harus Direvitalisasi
Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas Sekolah
4.Instrumen Kepengawasan
Instrumen Budaya Sekolah
Instrumen Kemampuan Manajemen Kepala Sekolah
Instrumen Akreditasi SD-MI
Instrumen Akreditasi SMA
Instrumen Akreditasi SMP-MTS
Instrumen Kinerja Sekolah Standar Nasional
Instrumen Pengamatan Proses Konseling
Instrumen Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling
Instrumen Sertifikasi Guru BK-Konselor
Instrumen Supervisi Akademik
Instrumen Supervisi dan Kinerja Berdasarkan Standar
Inventori Tugas Perkembangan
Selengkapnya lihat DISINI
5. Regulasi Pendidikan
UU No. 39 Tahun 2008
PP No. 17 Tahun 2010
PP No. 25 Tahun 2010
PP No. 37 Tahun 2009
PP No. 41 Tahun 2009
PP No. 42 Tahun 2009ran
PP No. 52 Tahun 2009
PP No. 74 Tahun 2008
Permen PAN No. tahun 2009
Permendiknas No 39 tahun-2009
Permendiknas No. 10 Tahun 2009
Permendiknas No. 15 Tahun 2009
Permendiknas No. 27 Tahun 2008
Permendiknas No. 15 Tahun 2010
Permendiknas No 27 Tahun 2010
Permendiknas No. 28 Tahun 2010
Selengkapnya lihat DISINI
No comments: