RPP MATEMATIKA KLS 9 SEMESTER 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P NO. 11 )
Sekolah : SMP Negeri 12 Kendari
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IX (sembilan) / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana
Kompetensi Dasar : 5.1. Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
Indikator : 1. Menjelaskan pengertian bilangan berpangkat bilangan bulat positif, negatif dan nol.
2. Mengubah bilangan berpangkat bulat negatif menjadi pangkat
positif.
3. Mengenal arti bilangan berpang-kat pecahan dan bentuk akar.
4. Mengubah bilangan berpangkat pecahan ke bentuk akar dan
sebaliknya, serta menemukan hasilnya.
Alokasi Waktu : 10 x 40 menit ( 4 pertemuan )
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian bilangan berpangkat bilangan bulat positif, negatif, dan nol
- Siswa dapat mengubah bilangan berpangkat bulat negatif menjadi pangkat positif
- Siswa dapat mengubah bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar
- Menghitung bilangan berpangkat bilangan bulat positif, negatif, dan nol
- Menghitung bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar
B. MATERI AJAR
Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar
Pengertian Bilangan Berpangkat
43 = 4 x 4 x 4
a3 = a x a x a
an = a x a x a x a x ....... x a ( sampai n faktor)
Mengubah Bilangan berpangkat negatip menjadi bilangan berpangkat positip
4-3 =
a-n =
Mengubah Bilangan berpangkat pecahan menjadi bentuk akar
5 =
a =
Menghitung bilangan berpangkat positip, negatip dan nol
43 = 4 x 4 x 4 = 64
4-3 = =
4 = 1
C. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN.
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
2. Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
NO. | URAIAN KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
I II. III. | Pendahuluan 1. Apersepsi : Mengingat kembali tentang bilangan kuadrat dan akar kuadrat 2. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam mata pelajaran yang lain (misal: IPA-Fisika) Kegiatan Inti : 1. Eksplorasi: a. Siswa membentuk beberapa kelompok dengan anggota 5 orang perkelompok b. Dengan tanya jawab dijelaskan arti perpangkatan bilangan. 2. Elaborasi: a. Dengan berdiskusi kelompok mengerjakan LKS 5.1.1. c. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapi d. Guru sebagai moderator, memberi tanggapan kepada masing-masing kelompok (dengan memberikan beberapa contoh) 3. Konfirmasi: a. Siswa mengerjakan Latihan soal dari buku paket. b. Salah seorang siswa diminta untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya. c. Guru memvalidasi hasil pekerjaan siswa. Penutup 1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman 2. Guru memberikan tugas pekerjaan rumah beberapa soal dari buku paket. | 5 menit 5 menit 40 menit 25 menit 5 menit |
Pertemuan Kedua
NO. | URAIAN KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
I II. III. | Pendahuluan Apersepsi : Membahas PR pertemuan sebelumnya. Motivasi : Mengaitkan pentingnya materi bilangan berpangkat dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan Inti 1. Eksplorasi: a. Siswa membentuk beberapa kelompok dengan anggota 5 orang perkelompok b. Dengan tanya jawab dijelaskan arti perpangkatan negatif dan mengubah menjadi positif 2. Elaborasi: a.Dengan berdiskusi kelompok mengerjakan LKS 5.1.2. b.Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapi c. Guru sebagai moderator, memberi tanggapan kepada masing-masing kelompok (dengan memberikan beberapa contoh) 3. Konfirmasi: a. Siswa mengerjakan Latihan soal dari buku paket. b. Salah seorang siswa diminta untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya. c. Guru memvalidasi hasil pekerjaan siswa. Penutup 1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman 2. Guru memberikan tugas pekerjaan rumah beberapa soal dari buku paket. | 5 menit 10 menit 40 menit 20 menit 5 menit |
Pertemuan ketiga
NO. | URAIAN KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
I II. III. | Pendahuluan 1.Apersepsi : Membahas PR 2. Motivasi : Mengaitkan pentingnya materi bilangan berpangkat dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan Inti 1. Eksplorasi: a. Siswa membentuk beberapa kelompok dengan anggota 5 orang perkelompok b. Dengan tanya jawab dijelaskan arti pangkat pecahan dan bentuk akar. 2. Elaborasi: a. Dengan berdiskusi kelompok mengerjakan LKS 5.1.3. b. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapi c. Guru sebagai moderator, memberi tanggapan kepada masing-masing kelompok (dengan memberikan beberapa contoh) 3. Konfirmasi: a. Siswa mengerjakan latihan soal dari buku paket. b. Salah seorang siswa diminta untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya. c. Guru memvalidasi hasil pekerjaan siswa. Penutup 1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman 2. Guru memberikan tugas pekerjaan rumah beberapa soal dari buku paket. | 5 menit 15 menit 40 menit 15 menit 5 menit |
Pertemuan keempat
NO. | URAIAN KEGIATAN | ALOKASI WAKTU |
I II. III. | Pendahuluan 1.Apersepsi : Membahas PR 2. Motivasi : Mengaitkan pentingnya materi bilangan berpangkat dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan Inti 1. Eksplorasi: a. Siswa membentuk beberapa kelompok dengan anggota 5 orang perkelompok b. Dengan tanya jawab dijelaskan cara meghitung hasil perpangkatan 2. Elaborasi: a. Dengan berdiskusi kelompok mengerjakan LKS 5.1.4. b. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapi c. Guru sebagai moderator, memberi tanggapan kepada masing-masing kelompok (dengan memberikan beberapa contoh) 3. Konfirmasi: a. Siswa mengerjakan latihan soal dari buku paket. b. Salah seorang siswa diminta untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya. c. Guru memvalidasi hasil pekerjaan siswa. Penutup 1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman 2. Guru memberikan tugas pekerjaan rumah beberapa soal dari buku paket. | 5 menit 15 menit 40 menit 15 menit 5 menit |
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku Teks Matematika IX
2. Buku Matematika yangn relevan
F. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator | Teknik Penilaian | Bentuk Penilaian | Butir Soal |
Menjelaskan pengertian bilangan berpangkat bilangan bulat positif, negatif, dan nol | Tertulis | Tes isian | 1. Tuliskan arti dari : a. 43 b. 5-2 c. 250 |
Mengubah bilangan berpangkat bulat negatif menjadi pangkat positif | Tertulis | Tes isian | 2. Ubahlah menjadi bilangan berpangkat positip pada bilangan di bawah ini: a. 5-4 b. (-3)-5 c. ()-2 d. (-)-3 |
Indikator | Teknik Penilaian | Bentuk Penilaian | Butir Soal |
Mengubah bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar Menghitung bilangan berpangkat positip, negatip dan nol | Tertulis Tertulis | Tes isian Tes isian | 3. Ubahlah bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar pada bilangan berikut ini: a. 61/2 c. 82/3 b. ()3/4 d. (-)2/5 4. Hitunglah bilangan berpangkat berikut ini: a. 43 . e. (-6)-2 b. 5-2 f. ()2 c. 250 g. (-)5 d. (-3)4 h. ( )-4 5. Hitunglah : a. 32 + 33 b. 5-2 – 5-1 c. 47 x 4-3 d. (-2)-10 x (-2)5 e. ()14 : ( )10 6. Tentukan hasilnya: a. c. b. d. |
G. PEDOMAN PENSKORAN
No | Jawaban | Skor |
1. 2. 3 4 5 6 | a. 43 = 4 x 4 x 4 b. b. (-6)-2 = = x c. c. 250 = a. b. c. ()2 d. (-5)3 a. b. c. d. a. 64 b. c. 1 d. 81 e. f. g. - h. 16 a. 36 b. - c. 256 d. - e. a. 8 b. 25 c. 27 d. | 4 4 4 3,3,3,3 2,2,2,2 4,4,4,4, 4,4,4,4 4,4,4,4,4 4,4,4,4, |
| Total skor | 100 |
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 , sebagai berikut :
|
Mengetahui : Kepala Sekolah, Drs. H. Abd. Rahim NIP 19540930 198403 1 001 | | Kendari, Januari 2011 Guru Mata Pelajaran, Natsir, S.Pd. NIP 19680301 199203 1 011 | | | |
LEMBAR KERJA SISWA 5.1.1
Pengertian Bilangan Berpangkat
1. Tuliskan arti dari :
a. 53 adalah .................. e. 3-2 adalah .................. h. 50 adalah ..................
b. 32 adalah .................. f. 5-3 adalah.................. i. 30 adalah ..................
c. 45 adalah .................. g. 4-2 adalah.................. j. 250 adalah ..................
d. 24 adalah ..................
Kesimpulan :
an adalah ............................
a-n adalah ............................
a0 adalah ............................
LEMBAR KERJA SISWA 5.1.2
Mengubah bilangan berpangkat bulat negatif menjadi pangkat positif
Ubahlah menjadi bilangan berpangkat positip pada bilangan di bawah ini
a. 2-4 = ................... e. 3-4 = ...................
b. (-3)-4 = ................... f. 6-5 = ...................
c. ()-2 = ................... g. 5-3 = ...................
d. (-)-3 = ................... h. 5-2 = ...................
Kesimpulan:
a-n = ......................
LEMBAR KERJA SISWA 5.1.3
Mengubah bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar
Ubahlah bilangan berpangkat pecahan menjadi bilangan dalam bentuk akar pada bilangan berikut ini:
a. 61/2 = ............................
b. 8 = ............................
c. 25 = ............................
d. 32 = ............................
e. ()3/4 = ............................
d. (-)2/5 = ............................
Kesimpulan
a = ............................
LEMBAR KERJA SISWA 5.1.4
Menghitung bilangan berpangkat
Hitunglah bilangan berpangkat berikut ini:
a. 43 = ............................... g. (-5)-4 = ...............................
b. 5-2 = ............................... h. ()2 = ...............................
c. 60 = ............................... i. (-)4 = ...............................
d. (-4)2 = ............................... j. ( )-3 = ...............................
e. 42 + 33 = ............................... k. 47 x 4-3 = ...............................
f. 5-3 – 5-1 = ............................... l. (-2)-10 x (-2)5 = ..............................
RPP MATEMATIKA KLS 9 SEMESTER 2
Reviewed by BUMI ANOA
on
12:59 AM
Rating:
No comments: