Kamus Online

REFERENSI TEMPAT WISATA MENARIK DI KOTA PALEMBANG

WISATA MENARIK DI KOTA PALEMBANG

deeahzone
Setelah kita bahas Musi Rawas, kota Palembang adalah salah satu tempat yang tidak boleh terlewatkan jika anda traveling ke berbagai daerah di Indonesia.

Palembang selain sebagai kota pempek, juga dikenal sebagai kota sungai.

Semua tersaji lengkap di Palembang Ibukota Sumatera Selatan, mulai dari : wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah, dan wisata kebudayaan. Jika anda berkunjung ke Palembang, jangan hanya membawa pulang pempek-nya saja, namun bawa pulang juga pengalaman berharga dari berbagai macam wisata yang ada disana.

Jika kita menggunakan pesawat untuk mencapai Palembang, akan disambut banyak informasi wisata di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II, akan tetapi jika menyebrang dengan kapal laut, kamu tak akan menemukan hal serupa di pelabuhan Boom Baru.

Jika kita datang ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Palembang, yang letaknya di Jl. Sultan Mahmud Badaruddin II no.2, tepat di bawah Museum Sultan Badarudin, kita bisa membawa pulang berbagai flyer dan buku panduan wisata negeri Pempek tersebut.

Di bawah ini referensi tempat wisata menarik di kota Palembang untuk dikunjungi, selama kita menjelajah kota Pempek :

1. Wisata Sejarah :
Masjid Agung Palembang
Benteng Kuto Besak
Jembatan Ampera
Monumen Penderitaan Rakyat
Museum Sultan Badaruddin II
Museum Balaputra Dewa
Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya
Kampung Kapiten

2. Wisata Alam
Sungai Musi
Di Hari Kemerdekaan dan hari jadi Kota Palembang [17 Juni] biasanya terdapat Perahu Bidar dan Perahu Motor Hias yang menyemarakkan suasana sungai Musi.

Pulau Kemaro
Terdapat Klenteng Budha dan Pagoda yang dibuka, juga sangat ramai saat perayaan Cap Go Meh.

Taman Hutan Wisata Punti Kayu
Kita bisa menikmati area taman kreasi yang mempunyai fasilitas : kolam renang, tempat ibadah, kebun binatang, dan sarana olah raga. Disamping itu juga ada area hutan lindung, area perkemahan, serta area danau dan rawa.

Bukit Siguntang
Kita bisa menikmati panorama kota Palembang dari ketinggian Bukit Siguntang. Bukit ini juga merupakan objek wisata arkeologi.

2. Wisata Kuliner
Semua jenis pempek asli Palembang tentunya harus kita coba sebelum pulang ke rumah atau ke tempat asal.

Aneka jenis Pempek Palembang : Pempek Kapal Selam, Pempek Tahu, Pempek Lenggang, Pepmpek Kates, Pempek Lenjer, Pempek Panggang, Pempek Adaan, Pempek Kerupuk, Model, Tekwan, Lakitan, Celimpungan, Burgo, Lakso, Ketolo, Kelasan, Kelempang.. hmmm yummy hauce!

Aneka jenis jajanan pasar pagi : dadar jiwo, mentu, bugis, kuepau, apem, apem banyu, gunjing, putu embun, putu mayang, telok ukan, blunder, ketan, ketan punar, klepon, bodem, gelenak, engkak cucut, engkak medok, engkak ketan.

Satu lagi, katanya ada restoran dan banyak tempat makan enak di bawah dan di sepanjang sungai musi jika kita ingin mencicipi berbagai kuliner laut disana, jangan lewatkan tempoyak ikan Palembang yang yummy dan gak ada di tempat lain.

4. Wisata Kebudayaan
Tenun Songket Palembang [di Jl. Lap. Hatta & Jl. Naga Swidak]

Tari Gending Sriwijaya, Tari Tanggai, Tari Tenun Songket, Tari Rodat Cempako, Tari Mejeng Besuko. Tari Madik, Seni Dul Muluk, dan Wayang Palembang.

Dan, sebenarnya masih banyak daftar wisata lain di kota Palembang, tolong ditambahkan jika ada yang terlewat yua

Jika berkunjung ke Palembang, jangan lupa bawa oleh-oleh songket aslinya, hmm.. pastilah harganya bisa jauh lebih murah jika kita membeli di tempat pembuatannya langsung.
REFERENSI TEMPAT WISATA MENARIK DI KOTA PALEMBANG REFERENSI TEMPAT WISATA MENARIK DI KOTA PALEMBANG Reviewed by BUMI ANOA on 2:28 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.