Kamus Online

Horee... Anak PNS Dapat Beasiswa Lagi!


KOMPAS/DWI BAYU RADIUS Ilustrasi: Pada 2010, bantuan dana beasiswa pusat yang diturunkan ke Pemkot Kendari sebesar Rp 200 juta. Untuk mahasiswa sebesar Rp 6 juta per tahun, sementara untuk siswa SMA/sederajat sebesar Rp 3 juta.


KENDARI, KOMPAS.com - Anak-anak pegawai negeri sipil (PNS) golongan I dan II di lingkungan Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali akan mendapatkan bantuan beasiswa dari pemerintah pusat melalui KORPRI. Tahun lalu anggaran beasiswa bagi anak-anak PNS tersebut mencapai Rp 200 juta.

Horee... anak PNS dapat beasiswa lagi di atas bukan sesuatu yang mengada-ada. Tetapi lebih mengekspresikan kegembiaraan bagi PNS yang anaknya berprestasi baik secara akademik ataupun di bidang olahraga dan seni. Karena beberapa tahun tahun yang lalu ada juga anak salah seorang PNS di Kota Kendari tepatnya di SMPN 12 Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara yang secara akademik berprestasi sejak kelas VII sampai dengan tamat di sekolah tersebut tidak pernah tersentuh dengan pemberian beasiswa prestasi. Padahal di setiap ulangan semester anak tersebut selalu masuk peringkat I atau II. Bahkan ketika selesai pengumuman hasil Ujian saat itu anak tersebut memperoleh rengking II se-Sulawesi Tenggara untuk SMPMTs. Bagi beberapa guru yang mengajar di SMPN 12 Kendari saat itu tidak dapat memungkiri kenyataan ini. Bahkan  pernah ketika pada  upacara hari Senin banyak guru yang merasa heran ketika mendengar pengumuman penerima beasiswa prestasi dari sang pengambil kebijakan di sekolah tersebut. Karena yang disebutkan untuk tampil menerima beasiswa prestasi bukanlah mere ka yang selama ini rengking I atau II tetapi bahkan tidak masuk rengking sepuluh besar. Kata sang pengambil kebijakan di sekolah tersebut" anak PNS tidak bisa menerima beasiswa prestasi". Ada keanehan yang terlihat di sini, karena di antara anak-anak tersebut terselip juga anak seorang PNS di lain tempat. Ini fakta dan bisa ditelusuri kembali bung agar beasiswa prestasi yang dimaksudkan oleh para perintah dari pusat sampai di kabupaten/kota tidak disalahtafsirkan oleh sang pengambil kebijakan di sekolah.
 
SYUKURLAH sekarang anak PNS bisa lagi terima beasiswa prestasi. Mudah-mudahan ini tidak diplintir lagi dan pantas juga anak PNS golongan III atau IV menerima beasiwa prestasi yang penting betul-betul berprestasi baik secara akademik maupun di bidang olahraga dan seni.
Beasiswa pendidikan bagi anak PNS itu berlaku bagi siswa dan mahasiswa dengan syarat memiliki IP rata-rata 2,75 bagi mahasiswa dan minimal rangking lima di kelas bagi siswa.
-- Ali Kibu

Demikian dikatakan Sekretaris KORPRI Kota Kendari, Ali Kibu di Kendari, Rabu (9/2/2011). Dia mengungkapkan, bantuan beasiswa kepada anak-anak PNS golongan rendahan itu diberikan kepada mereka yang berprestasi di sekolahnya masing-masing.
"Bantuan beasiswa pendidikan bagi anak PNS itu berlaku bagi siswa dan mahasiswa dengan syarat memiliki IP rata-rata 2,75 bagi mahasiswa dan minimal rangking lima di kelas bagi pelajar dan siswa," katanya.
Ia menambahkan, dana bantuan beasiswa bagi tingkat pelajar dan mahasiswa itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang diturunkan ke pemerintah kota melalui Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri). Ali mengatakan, program pemberian bantuan beasiswa bagi anak PNS itu berlaku sejak 2010 lalu.
Pada 2010, bantuan dana beasiswa pusat yang diturunkan ke Pemkot Kendari sebesar Rp 200 juta. Adapun besarannya bervariasi. Untuk mahasiswa sebesar Rp 6 juta per tahun, sementara untuk siswa SMA/sederajat sebesar Rp 3 juta.
Salah seorang PNS di lingkup Pemkot Kendari, Harun, mengaku gembira dengan adanya program bantuan beasiswa tersebut, terutama untuk orang tua seperti dirinya sebagai PNS yang masih berpenghasilan rata-rata Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta per bulan. Ia mengatakan, pemberian beasiswa itu tidak akan membedakan bagi anak-anak PNS yang menempuh pendidikan di SMA dan Perguruan Tinggi Negeri ataupun swasta.
"Kami berharap semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa tersebut, yang penting memenuhi syarat," katanya.


Sumber : ANT
Horee... Anak PNS Dapat Beasiswa Lagi! Horee... Anak PNS Dapat Beasiswa Lagi! Reviewed by BUMI ANOA on 12:28 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.