Kamus Online

Tips Mengatasi Stress

stress

Lagi stres nih! Tenang, Kita tidak sendiri, setiap orang pernah mengalaminya kok. Bahkan stres diperlukan agar seseorang termotivasi untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik. Itu kalau stresnya ringan dan masih bisa diatasi.
Bagaimana jika stres sudah menganggu aktivitas sehari-hari? Misalnya akibat stres berkepanjangan, Kita sulit tidur bermalam-malam, rambut rontok, kehilangan nafsu makan, percaya diri anjlok, jerawatan, dan sebagainya. Wah..wah..wah, itu sih tanda-tanda bahwa tubuh kita sudah kepenuhan stres. Ayo, atasi. Banyak cara untuk mengurangi stres.  Tinggal pilih yang sesuai untuk kita. Mau?

Aromaterapi

Suka wangi-wangian dan kebetulan sedang stres? Pilih aromaterapi. Essential oil yang digunakan saat aromaterapi sudah sejak lama digunakan untuk menyembuhkan penyakit ringan yang disebabkan oleh stres, masalah pernafasan, hingga alergi. Uap essential oil saat dihirup, akan masuk ke tubuh, terbawa melalui aliran darah ke sistem saraf dan bagian otak yang mengontrol pelepasan hormon dan emosi. Coba wangi lavender, lemon, dan jasmine untuk mencairkan stres kita.

Binatang peliharaan

Teman curhat tak harus dalam wujud manusia. Stres bisa ber-kurang atau langsung hilang saat mata si Bleky kesayangan menatap dengan pandangan tanpa dosa atau ketika bulu halus si Pussy menyentuh lembut kulit Anda. Kelebihan teman curhat ini, mereka tak punya ‘kesibukan lain’ yang membuat mereka tidak ada saat dibutuhkan, tidak pernah membocorkan curhatan Anda, dan selalu mencintai Anda tanpa pamrih.

Catat

tugas-tugas ini ternyata ‘nggak gila-gila amat’ banyaknya. Orang yang kegiatannya terorganisasi dengan baik, hidupnya akan lebih terkontrol sehingga stres pun berkurang.

Diary/Blog

Masih sering menulis diary/blog? Curhat ke buku harian, ampuh meredakan stres dan menyembuhkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan stres lho. Tulis kejadian-kejadian yang membuat Anda stres dan bagaimana perasaan Anda saat mengalaminya. Dengan membacanya kembali Anda akan mengenal sumber stres, sekaligus menemukan solusinya. Keuntungan lain, Anda bisa melatih ketrampilan menulis.

Ekspresikan

Ekspresikan (bukan lampiaskan, lho) perasaan atau pikiran Anda bila Anda tidak suka pada perbuatan pasangan, staf kantor, atasan, teman atau anggota keluarga lain. Bicarakan baik-baik. Jangan pendam sendiri hingga stres Anda justru berkepanjangan. Berdiskusi dengan teman, keluarga, atau bila perlu dengan psikolog bisa mengurangi stres.

Fitness

fitness
fitness
Kalau tak pernah olahraga sama sekali, Anda tak akan tahu nikmatnya berlatih dan berada dalam kondisi fit, bugar. Semakin fit tubuh Anda, maka potensi sehat secara fisik dan mentaljuga semakin besar. Nggak percaya? Hasilnya terlihat setelah melakukan latihan, apapun itu, tiga atau empat kali seminggu. Selain akan merasa lebih baik secara fisik dan mental, otak pun bisa bekerja lebih efisien.

Gembira

Suasana hati mempengaruhi otak dalam berpikir. Pernah dengar kata-kata bijak: “hati yang gembira adalah obat” ? Benar, lho. Mulai sekarang, daripada buang-buang enerji memikirkan hal-hal negatif yang menambah stres, lebih baik pikirkan hal-hal menggembirakan. Lakukan setiap hari, maka kita akan lebih sering tersenyum dan terhindar dari stres.

Humor

Tertawa terbahak-bahak membuat tubuh kita menghasilkan endorphin yang bisa membunuh rasa sakit, membuat kita merasa lebih baik dan mengurangi stres. Jadi kalau kita tak punya kebiasaan menyimak hal-hal lucu, mulailah dari sekarang. Membaca, menonton, dan mendengarkan cerita atau obrolan ringan dan lucu, adalah obat stres yang ampuh.

Imajinasi

Gunakan imajinasi untuk mengatasi stres. Caranya dengan teknik visualisasi. Latihannya, bayangkan hal-hal menyenangkan dan menenangkan perasaan Anda. Misalnya, bayangkan Anda berada dalam pelukan pasangan tercinta, atau menikmati pemandangan alam yang indah. Langkah ini akan membantu Anda relaks, memperbarui enerji, melawan hipertensi dan sesak nafas. Ahli hipnotherapi bisa membantu Anda mempelajari teknik visualisasi macam ini.

Jelita

bersolek
bersolek
Kapan terakhir kali kita facial, creambath, luluran, atau merawat dan mempercantik diri? Tanpa disadari, kondisi kulit dan rambut yang mulai kusam dan tidak sehat, bisa menjadi salah satu penyebab stres. Mengapa tidak mulai mempercantik diri, sehingga kita bisa merasa lebih percaya diri. Merawat diri, merasa cantik, dan melihat diri sendiri yang lebih kinclong di depan cermin akan memberi perasaan lebih bahagia, sehingga rasa stres pun berkurang.

Liburan

Pelepas stres yang paling populer dan sering dilakukan adalah liburan. Berhenti dari kesibukan dan rutinitas sejenak sangat penting agar tubuh dan jiwa kembali memperoleh enerji baru. Setelah liburan diharapkan kita kembali bersemangat. Libur pendek atau panjang asal dilakukan dengan ’serius’ akan memberi manfaat yang sama. Pastikan kita mengambil jatah liburan minimal sekali dalam setahun.

Musik

Saat kita mendengarkan musik, maka iramanya akan merasuki parasympathetic nervous system (PNS) pada otak kita. PNS ini akan memerintahkan tubuh dan pikiran untuk relaks. Aspek terkuat dari musik adalah irama. Musik berirama cepat akan membuat kita bersemangat, dan yang berirama pelan akan menenangkan kita.

Nafas teratur

Saat kita gugup atau stres coba cara ini: tarik nafas perlahan dan dalam hingga dada terasa penuh, kemudian lepaskan hingga dada terasa kosong. Salah satu manfaat menarik nafas dalam adalah meringankan stres. Saat stres, denyut jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Nah, dengan menarik nafas panjang dan dalam, tubuh dapat memperlambat detak jantung. Tak cuma itu, tarikan nafas panjang, dalam, dan teratur sebelum tidur, sanggup membuat kita tidur lebih pulas.

Pijat

pijat
pijat
Karena pikiran dan otot saling berhubungan, maka pijattidak hanya membuat otot relaks, tapi juga bisa menenangkan mood dan pikiran kita. Pijatan juga dapat menurunkan kadar hormon stres cortisol. Terapi pijat juga memperbaiki kualitas tidur dan mengurangi depresi.

Refleksologi

Refleksologi adalah metode menstimulasi ujung saraf di daerah kaki, tangan, atau telinga, yang berhubungan dengan seluruh bagian tubuh. Stimulasi yang benar dapat mengurangi stres, melancarkan peredaran darah, dan membuat seluruh tubuh, dari ujung kepala ke ujung kaki, menjadi relaks. Tubuh yang relaks menyebabkan stres berkurang.

Ubah kebiasaan

Punya kebiasaan tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol, malas berolahraga, dan pola makan tidak sehat? Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut tidak hanya merusak tubuh, namun juga mental dan emosi Anda. Nikotin dapat meningkatkan kadar stres. Memang perlu waktu dan kemauan keras untuk mengubah kebiasaan buruk. Tapi daripada terlambat, usaha sedikit lah…

Vitamin B

Kelompok vitamin B yang dapat ditemukan pada roti gandum, sayuran hijau, dan sereal sarapan pagi, sangat penting untuk menangkal stres. Vitamin B memiliki efek yang bermanfaat bagi sistem saraf. Dan itu berarti vitamin ini sangat penting untuk mengatasi stres.

Xtra Relaksasi

Kapan terakhir kali kita benar-benar bersantai? Tidak ada salahnya meluangkan waktu ekstra untuk diri sendiri. Pergi ke spa, berbaring sambil mendengarkan musik, sanggup mengurangi tingkat stres kita. Cobalah menyisihkan minimal satu jam dalam seminggu untuk melakukan hal-hal yang sifatnya ‘Me Time’, yang bisa membuat kita santai tanpa gangguan orang lain.

Yoga

yoga
yoga
Inilah obat stres yang cukup manjur dan paling alami yang bisa kitalakukan. Gerakan-gerakan yoga akan meningkatkan dan memperbaiki sirkulasi darah di seluruh organ tubuh. Gerakan yoga sanggup menurunkan kadar cortisol, hormon yang berhubungan dengan stres.

Zat Tryptophan

Makan bisa membuat relaks? Bisa saja, jika makanan yang kita makan mengandung zat yang dinamakan tryptophan. Cubuh menggunakan tryptophan untuk memproduksi serotonin, zat dalam otak yang berhubungan dengan rasa gembira. Makanan yang nengandung kadar tryptophan tinggi antara lain susu, telur, kacang-acangan, keju, ikan, dan daging.
Tips Mengatasi Stress Tips Mengatasi Stress Reviewed by BUMI ANOA on 2:59 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.