Kamus Online

Gayus Tambunan: Mengapa Orang Pintar; Korupsi?

Kasus Gayus Tambunan menyeruak, menyedot perhatian publik, karena PNS Gol III-A usia 30 tahun, ternyata memiliki tabungan lebih dari 25 Milyar. Luar biasa, karena normalnya tidak demikian.
Ditambah lagi dengan 68 kali keluar tahanan, hampir 4-5 hari sekali; menyogok ratusan juta.
Menangis terisak di majelis sidang.. “kangen anaknya” katanya begitu…
Ada indikasi, jika uang Gayus yang sekarang masih ada itu, berasal dari kran korupsi yang lainnya..
Ada wacana dimiskinkan..
Susah memiskinkan finansial seseorang yang miskin hatinya seperti Gayus…
Perkaya hatinya; pasti dia akan berubah. Dimiskinkan finansialnya tak akan menyembuhkan.. hanya akan membuatnya semakin pandai bersilat.. baik lidah maupun rambut/wig..
Gayus Tambunan pasti pintar; karena dia bekerja di sebuah instansi yang memang mensyaratkan kepintaran, apalagi dengan plan nama demikian besar..”BERSAMA ANDA MEMBANGUN BANGSA”… Gayus juga lulusan sekolah yang memang mensyaratkan kepintaran dan menghasilkan orang-orang pintar.
Entah bersama siapa Gayus MEMBANGUN dan entah bertujuan untuk MEMBANGUN apa.. Yang jelas, rumah megahnya di Gading Park View sudah selesai dibangun; dan tentu saja tak sesuai secara kasat mata dengan bagaimana ia mencari nafkah secara legal.
Gayus pasti pintar, karena bisa meyakinkan orang untuk menitipkan uang dengan jumlah luar biasa itu; dan tentu saja kemampuan mengelabui imigrasi dengan menggunakan nama lain adalah kepintaran yang bisa jadi, tak didapatnya di sekolahan. Dia dapatkan itu mungkin dalam interaksinya dengan orang-orang yang memang berniat BERSAMA GAYUS MEMBANGUN bla bla bla….Kantor Pajak di belakang Polda itu tak bersalah. Karena sebuah institusi tak juga bisa disalahkan ketika orang-orang di dalamnya melakukan tindakan ilegal untuk memperkaya diri itu. Tak bisa disalahkan, karena kantor itu hanyalah sebuah lembaga yang kemana arahnya tergantung orang-orang yang mengelolanya.
Mengapa Gayus yang pintar itu korupsi? Kemungkinannya ada beberapa?
1. Melakukan Penggelapan
Bukan uang yang digelapkannya, tapi hatinya yang digelapkan, oleh dirinya sendiri. Perlahan tapi pasti, tindakan ilegal itu akan menggelapkan hati dan hasilnya menggelapkan uang negara.
2. Pintar tapi tak cerdas
Gayus memang pintar, artinya bisa mengelola informasi di sekitarnya untuk kepentingannya sendiri. Sayang ia tidak cerdas emosi dan spiritual. Tak cerdas emosi karena tak merasakan apa yang dirasakan oleh rakyat Indonesia yang taat akan pembayaran pajak untuk membangun bangsa. Tak cerdas spiritual, karena mengabaikan bahwa Tuhan itu ada dimana dan mengawasinya kapan saja.
Gayus adalah potret sebuah kondisi bangsa yang carut marut. Dan Satgas Anti Markus lah yang sekarang ramai menjadi bintang dalam setiap berita.
Korupsi itu memang mungkin dilakukan oleh orang pintar.. dan hanya pintar saja.. tanpa disertai dengan kecerdasan. Koreksi besar bagi dunia pendidikan jika hanya mengutamakan kepintaran. Kepintaran memang bisa dihasilkan di sekolah; tapi kecerdasan hanya bisa didapatkan dalam kehidupan.
Saya pikir, ini hanyalah pintu masuk untuk menguak kasus-kasus lain yang memang harus terkuak, akan tetapi aroma politisnya malah ikut-ikutan menyeruak; tak bisa dihindari.
Sekali lagi…
Memiskinkan finansial seseorang yang hatinya miskin, tak akan menyembuhkan..
Wallahu’alam..
Gayus Tambunan: Mengapa Orang Pintar; Korupsi? Gayus Tambunan: Mengapa Orang Pintar; Korupsi? Reviewed by BUMI ANOA on 3:48 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.