Kamus Online

Laporan Pelaksanaan PMRI di Kusuma Bangsa Palembang


PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA  DENGAN PENDEKATAN REALISTIK (PMRI) DI KELAS VIII SMP KUSUMA BANGSA PALEMBANG



OLEH:
THERESIA ISPUJIATI


DOSEN PENGAMPU :
PROF. DR. ZULKARDI, M.I.KOM., M.SC.


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2009


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI                                                                                                  
BAB I PENDAHULUAN    
1.1  Latar Belakang ..................................................................................       
1.2  Tujuan Penelitian...............................................................................         
BAB II  TINJAUAN  PUSTAKA
2.1    Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik.................           
2.2    Karakteristik PMRI...........................................................................       
2.3    Standar Pembelajaran PMRI……………………………………....        
2.4    Standar Bahan Ajar PMRI………………………………………….       
2.5 Standar Guru PMRI…………………………………………………      
BAB III  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
3.1 Kegiatan awal...................................................................................         
3.2 Kegiatan inti.....................................................................................         
3.3 Kegiatan akhir...................................................................................        
3.4 Evaluasi............................................................................................         
BAB IV PENUTUP.................................................................................       
DAFTAR PUSTAKA..............................................................................        

BAB I  PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Di sekolah-sekolah tingkat pendidikan dasar pembelajaran matematika banyak diberikan dengan cara diberikan dengan menjelaskan langkah-langkah dalam menghitung. Guru menyajikan materi dengan memberikan contoh-contoh bagaimana mengerjakan suatu soal secara jelas dan rinci. Kemudian, siswa diminta mengerjakan soal-soal latihan yang sudah tersaji dengan jelas dan jawabannya pun sudah pasti. Pembelajaran didesain dengan menekankan pada pengerjaan soal secara drill dan practice. Dengan kata lain pembelajar/siswa dilatih mengerjakan soal-soal sejenis secara  berulang-ulang sampai mereka dapat menggunakan prosedur, alogaritma, dan rumus secara otomatis layaknya mesin. Pandangan ini didukung dengan sistem Ujian Nasional (UN) dengan bentuk soal pilihan ganda. Hal ini membuat matematika menjadi pembelajaran yang kurang bermakna.
Salah satu upaya yang ditempuh dalam memperbaharui proses pembelajaran matematika yang kurang bermakan di kelas adalah dengan menggunakan pendekatan realistik. Pendidikan realistik yang di Indonesia dikenal dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) merupakan pendidikan matematika yang di adaptasi dari Realistic Mathematics Education (RME) yang berasal dari Belanda. Pemikiran dasar RME ini bertumpu pada realita dalam kehidupan keseharian dan PMRI telah diselaraskan dengan kondisi budaya, geografi dan kehidupan masyarakat Indonesia umumnya.
Pada Program studi Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya, PMRI menjadi salah satu mata kuliah yang diajarkan semester dua. Diharapkan para mahasiswa dapat menerapkan PMRI ini apabila mereka mengajar nantinya. Pada proses perkuliahannya, mata kuliah PMRI ini tidak hanya diberikan dalam bentuk teori tetapi mahasiswa diajak untuk mempraktikan teori-teori PMRI dalam proses pembelajaran di kelas.
            Praktik mengajar dengan pendekatan Realistik ini dilaksanakan di SMP Kusuma Bangsa Palembang kelas VIII. Kelas yang diajarkan adalah kelas VIII C dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Materi yang dipilih adalah Jaring-Jaring Balok dan Luas Balok

1.2 Tujuan Penelitian
Pada Program studi Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya, PMRI menjadi salah satu mata kuliah yang diajarkan semester dua. Diharapkan para mahasiswa dapat menerapkan PMRI ini apabila mereka mengajar nantinya. Pada proses perkuliahannya, mata kuliah PMRI ini tidak hanya diberikan dalam bentuk teori tetapi mahasiswa diajak untuk mempraktikan teori-teori PMRI dalam proses pembelajaran di kelas.
            Tujuan Penelitian : Mengamati apakah siswa dapat  menjelaskan keterkaitan antarkonsep yaitu jaring-jaring balok dan menemukan kembali konsep luas balok dan mengaplikasikan konsep secara tepat dalam menentukan luas balok melalui Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik.
            Penelitian dilakukan melalui praktik mengajar dengan Pendekatan Realistik yang dilaksanakan di SMP Kusuma Bangsa Palembang kelas VIII. Kelas yang diajarkan adalah kelas VIII C dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Materi yang dipilih adalah Jaring-Jaring Balok dan Luas Balok
.............seterusnya hubungi yang bersangkutan.
Laporan Pelaksanaan PMRI di Kusuma Bangsa Palembang Laporan Pelaksanaan PMRI di Kusuma Bangsa Palembang Reviewed by BUMI ANOA on 2:32 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.